Masa Pandemi, Sekolah Ini Gelar Liga Tahfidz

SPEMUTUPRESS – SMP Muhammadiyah 1 Gresik menggelar Liga Tahfidz yang diikuti oleh 18 peserta berasal dari kelas VII, VIII, dan IX. Kegiatan ini dihelat untuk kali pertama pada tanggal 18 Februari 2021.

Seperti liga pada umumnya, pada liga tahfidz Spemutu ini juga terdapat klasemen atau peringkat yang setiap minggunya bisa berubah. Perosedur penilaiannya berdasarkan hafalan, makhroj, tajwid, irama atau nada.

Salah satu peserta kegiatan, Rhea Kisi Neysa Kalma, mengungkapkan alasannya mengikuti kegiatan tersebut. “Saya ingin hafalan saya lebih terasah lagi, dan sekalian kegiatan ini saya jadikan untuk menambah pengalaman saya” ujar gadis yang hobby melukis itu.

Andi Rahmat Hidayat, selaku pembina tahfidz Spemutu, sapaan akrab SMP Muhammadiyah 1 Gresik berharap dengan adanya kegiatan ini ia menginginkan agar anak-anak selalu senang dan tidak bosan dalam menghafal Al-Qur’an. Guru Ismuba ini juga menambahkan, “Ada beberapa tujuan kami melaksanakan kegiatan ini. Pertama, agar kualitas hafalan dan bacaan Al-Qur’an dari anak-anak semakin baik dan meningkat. Kedua, agar anak-anak menjadi anak yang sholeh dan sholihah yang bisa menjadi penyejuk mata (Qurrota a’yun) di dunia dan penyelamat (memberi syafaat) orang tua di akhirat” tutup guru muda kelahiran 1994 ini (Awiyan Subekti)