Transisi & persiapan suksesi IPM Spemutu Gresik

Masa pandemi tidak mengurangi semangat Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah Spemutu ( SMP Muhammadiyah 1 Gresik)  dalam menggerakkan perkaderan. Hal ini ditunjukkan dengan realisasi kegiatan transisi kepemimpinan IPM Spemutu Periode 2020-2021. Tujuannya transisi kepemimpinan IPM ini adalah untuk regenerasi pengurus harian dan pimpinan di Ikatan Pelajar Muhammadiyah agar tetap berjalan optimal meski dalam masa pandemi. “Selain itu, kegitan ini juga bertujuan untuk menggerakkan roda kegiatan siswa dalam agenda sekolah dengan mengusung tema Let’s Change Our World with Innovative, Creative Mindset, & Exellent Personality” ujar Bening Satria Prawira Diharja pembina IPM Spemutu. Transisi IPM yang diikuti 36 siswa siswi, hasil rekomendasi bapak ibu guru Spemutu, berlangsung sejak tanggal 28 hingga 30 Desember 2020 bertempat dirumah masing masing siswa melalui aplikasi Google Meet.

Melalui peran pengkaderan, Alif Gauhar Ketua Umum PR IPM Spemutu periode 2019 – 2020, mengungkapkan bahwa pengkaderan wajib dilakukan dalam sebuah organisasi sebagai proses pembentukan karakter dan regenerasi anggota. Menurut alif, masa pandemi ini adalah tantangan tersendiri bagi kita, khususnya untuk keberlangsungan IPM sendiri, ujar Alif.

Acara transisi kepimpinan IPM ini dibuka secara Live In Google Meet pada hari Senin (28/12/20) oleh kepala SMP Muhammadiyah 1 Gresik, Bapak Achmad Ashari, S.Pd.. Beliau berharap agar calon pengurus IPM yang baru terutama kelas 7 bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi dan bisa tetap terus berkarya, berinovasi, dan memiliki ide-ide kreatif.

Dilanjut pada hari Selasa panitia mengundang Ega Nandana Rafif, ketua umum Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah Gresik, untuk mengisi materi tentang ke-IPM-an. Mas Ega, sapaannya berpesan dengan adanya transisi IPM Spemutu kali ini, para kader IPM Spemutu diharapkan semakin kompak dan memiliki kegiatan positif meski semuanya harus dilakukan di rumah dengan mengandalkan kekuatan media sosial online, yang pastinya banyak berbeda dengan tahun kemarin.

Pada hari terakhir kegiatan transisi IPM Spemutu, panitia mengundang Ibu Rufqotus Zakhiroh, M.Pd dari majelis DIKDASMEN PCM Gresik untuk mengisi materi Upgrading Skill & Entrepreneurship Value. Bu Yufro, panggilan akrab beliau, menekankan nilai-nilai entrepreneurship seperti Assertiveness, Confidence, Creativity, Ability to learn, Willingness to learn, Ambition, Perseverence, Courage & Risk Taking. (BS)