Sukses PTSBD di Era Pandemi

Selama masa pandemi, banyak hal yang dilakukan secara daring. Tidak terkecuali, pelaksanaan Ujian Tengah Semester atau Penilaian Tengah Semester Berbasis Daring (PTSBD) di SMP Muhammadiyah 1 Gresik pun harus dilakukan serupa. PTSBD berlangsung selama 7 hari terhitung sejak Senin (21/9) hingga Selasa (29/9). PTS dilakukan secara daring, mengingat para siswa dan guru belum bisa melakukan kegiatan tatap muka akibat belum meredanya pandemi Covid-19. PTSBD ini adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran beberapa minggu lalu.

PTSBD SMP Muhammadiyah 1 Gresik menggunakan sistem moodle. Guru menyiapkan bank soal, kemudian sistem moodle melakukan acak soal untuk setiap akun peserta didik yang mengikuti PTSBD dan peserta didik bisa langsung masuk menggunakan link spemutugresik.sch.id sebagai link mengerjakan soal-soal PTSBD.

Menurut salah satu wali kelas 9, Mukromin Latif, S.Pd., “PTSBD sangat efektif untuk meminimalisir penyebaran  Covid-19, meskipun banyak kendala dihasilkan dari PTSBD. Misalnya gangguan koneksi internet. Kendati demikian, hal itu tidak berlangsung lama dan peserta didik pun tetap dapat melaksanakan PTSBD secara lancar kembali.”

Sejalan dengan pendapat Mukromin Latif, S.Pd., “PTSBD dapat menghindari dari dampak penularan Covid-19 yang makin merajalela dan suasana dalam mengerjakan soal-soal PTSBD menjadi lebih rileks, sehingga dapat mengerjakan soal lebih maksimal.” Ungkap Erica, peserta didik kelas 8B.

Menurut Aulia Rakhma Faradhilah siswa kelas 7A yang notabene siswa baru di SMP Muhammadiyah 1 Gresik, “PTSBD ini menjadi pengalamannya yang seru karena baru pertama kali mengerjakan soal dengan sistem seperti ini.” Selain itu, PTSBD juga mengajari kita untuk mengerjakan soal secara jujur karena tanpa pengawasan dari guru serta kita dituntut disiplin dengan waktu saat mengerjakan dan tidak terlambat mengerjakannya” Ujarnya. (Syah)