Maksimalkan Program Tahfidz, Spemutu Bentuk 3 Kelas Baru

Memasuki semester genap ini SMP Muhammadiyah 1 Gresik atau yang akrab dengan julukan Spemutu mereview kembali program Tahfidh (hafalan Al Qur’an). Selama ini program tersebut hanya dua jam dalam sepekan, itulah yang membuat anak-anak tidak maksimal dalam menghafal dan setor hafalan.

Sebanyak 105 siswa diseleksi dengan tes bacaan dan hafalan Al Quran untuk mengikuti kegiatan ini. Tes dilaksanakan selama dua hari yakni Rabu-Kamis (15-16 Januari 2020) bertempat di Masjid Taqwa Komplek Perguruan Muhammadiyah Jalan KH. Kholil Nomor 90 Gresik.

Siswa yang mengikuti seleksi ini diperoleh dari kelas VII dan VIII. Mereka mengisi kuesioner yang disebar oleh sekolah. Dari kuesioner tersebut diperoleh 105 siswa yang mengikuti seleksi. Dari mereka inilah nantinya dikelompokkan menjadi tiga kelas.

Kelas Mubtadi’en

Ini adalah kelas yang paling dasar terdiri dari siswa pemula yang mempunyai motivasi tinggi untuk menghafal Al Qur’an namun bacaannya perlu diperbaiki.

Kelas Mutawasithin

Kelompok tengah yang sudah mempunyai hafalan minimal juz 30

Kelas Uliya

Terdiri atas siswa yang mempunyai hafalan Juz 30 dan beberapa surat di juz yang lain.

Dengan munculnya program tahfidh ini sekolah berharap siswa spemutu banyak yang menjadi penghafal Al Quran yang nantinya bisa memperkuat prestasi non akademik di bidang Al Quran. Hal ini selaras dengan visi misi sekolah.