Gelar E Voting, Jari Guru Ini Membiru

SMP Muhammadiyah 1 Gresik menggelar pesta rakyat demokrasi Jumat (25/10/2019) di halaman sekolah Spemutu, sapaan akrab SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Pesta rakyat itu sendiri diadakan dalam rangka pemilihan Ketua Umum Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) Spemutu periode 2019-2020.

Mukromin Latief SPd, pembina IPM Spemutu menjelaskan bahwa ini merupakan tahun kedua Spemutu mengadakan pemilihan umum berbasis elektronik atau disebut E Voting. Ada tiga pasang kandidat dalam pelaksanaan pemilu ini, sambungnya, “Yaitu pasangan nomor urut 1 Alif Gauhar dan Jibrail Amru Hanzhalah, pasangan nomor urut 2 Berleyanna Shofi dan Fardan Reva Ardiansyah, pasangan nomor urut 3 Rizka Putri Ciptasari dan Rahmi Fataty Arvita” jelasnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini para dewan guru dan karyawan juga diikutsertakan dalam proses pemilihan Ketua Umum IPM. Menurut Maflakhah SS, Wakil Urusan Kesiswaan Spemutu, hal tersebut akan menjadi daya tarik sendiri bagi Spemutu. “Harusnya kan memang begitu. Seluruh warga sekolah ikut andil dalam pemilihan Ketua Umum IPM yang baru, lah semua warga sekolah itu siapa saja? Guru dan karyawan juga termasuk kan?” ujarnya.

Ketua Umum IPM periode 2018-2019, Talitha Ubaid mendukung penuh kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini akan melatih tingkat kepercayaan diri para Kader Muhammadiyah. Selain itu, sambungnya, serangkaian kegiatan pemilihan mulai dari pembentukan tim kandidat, kampanye dan e-voting ini akan lebih mendekatkan para Kader IPM dengan siswa lainnya. “Ya istilahnya tidak ada sekat antara pengurus IPM dan siswa lainnya. Karena pada dasarnya semua siswa Spemutu juga anggota IPM kan?” ungkapnya (Awiyan Subekti).