Gelar Qiyamul Lail Bareng Siswa SD, Ini Perasaan Siswa SMP

Majelis Diksasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Gresik menggelar sholat malam serentak yang diikuti oleh sekolah-sekolah dibawah naungan Majelis Dikdasmen Gresik yaitu SDM 1, SDM 2, SDM 3 dan SMP Muhammadiyah 1 Gresik, Jumat-Sabtu (11-12/10/2019). Acara berlangsung di Kompleks Perguruan Muhammadiyah, Jl KH Kholil No 90 Gresik.

Sasaran peserta dari kegiatan ini adalah siswa kelas 6 untuk tingkat Sekolah Dasar dan siswa kelas 7 untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama. Wakil Urusan Kurikulum SMP Muhammadiyah 1 Gresik, Sulistyaningsih MPd menjelaskan alasan dibalik terpilihnya siswa kelas 7 untuk mengikuti kegiatan ini. “Selain untuk memperkenalkan program Majelis kepada mereka, kelas 7 dipilih juga karena selisih tingkatnya tidak terlalu jauh dengan siswa kelas 6” ujarnya.

Salah seorang peserta Qiyamul Lail Muhammad Adam Muhtadi, yang kini juga bergabung menjadi anggota PR IPM SMP Muhammadiyah 1 Gresik mengungkapkan perasaannya mengikuti kegiatan ini. “Seneng sih ikut kegiatannya. Kalo sholat malam di rumah kan sendirian, kalo di sekolah rame-rame bareng temen. Jadi seru. Ada juga anak SD kelas 6, bisa jadi momen nostalgia, ya walaupun bukan lulusan sini tapi ingat dulu juga sholat malam di SD bareng temen-temen. Tapi aku harap, next time diadakan sholat lagi tapi sama temen-temen SMP aja” ujar siswa alumni SD Muhammadiyah 1 GKB itu.

Guru Ismuba yang turut menjadi panitia Zuli Ni’matul Aisyah, S.Pd.I mengungkapkan bahwa sesungguhnya program majelis ini sebenarnya bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara siswa SD dan SMP. “Tapi kalo dari kami sendiri, tujuannya ya membiasakan siswa kelas 7 untuk sholat tahajud” imbuhnya (Awiyan Subekti).