Mars Muhammadiyah Menggema di Depan Api Unggun LDKS IPM

Jurit malam menjadi salah satu agenda yang dijadwalkan pada kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) PR IPM SMP Muhammadiyah 1 Gresik. LDKS yang berlangsung Jumat-Sabtu (4-5/10/2019) diikuti oleh kurang lebih 76 siswa. Terdiri dari 53 calon kader IPM, 7 kader IPM periode 2019-2020, 4 jurnalis muda Spemutu, dan 12 calon anggota jurnalis.

“Jurit malam itu sendiri bertujuan untuk melatih kekompakan tim dalam bekerja sama, juga melatih mental para kader IPM ini” ujar Mukromin Latif selaku pembina IPM Spemutu. Di kegiatan itu terlihat calon kader IPM berjalan berbaris, dalam kondisi tertutup mata mereka membawa lilin menuju ke api unggun, dituntun satu ketua tim yang tetap menjaga lilin agar tetap menyala.

Di depan api unggun, mereka berdiri melingkar. Mereka menggemakan lagu Mars Muhammadiyah, Sang Surya. Suasana hening dan mencekam di tengah malam menjadi haru biru. Yasmin Fatikhatul Izzah, pengurus IPM periode 2019-2020 yang sudah tiga kali mengikuti LDKS IPM mengungkapkan bahwa tahun ini LDKS IPM adalah yang terbaik. “Lebih terarah, lebih digembleng jiwa kepemimpinannya. Kalau tahun lalu masih seperti rekreasi”.

Ia juga mengungkapkan rasa haru dan bangganya ketika Mars Muhammadiyah, Sang Surya digemakan di tengah kegelapan malam. “Suasananya seperti menggugah semangat kita untuk terus berorganisasi. Campur bawur perasaannya, haru, bangga, senang, pokoknya begitu” ujarnya (Awiyan Subekti).